Menghadapi Teman Kerja Pendiam? Ini Dia Caranya

Punya rekan kerja yang pendiam atau bahkan super pendiam? Apa yang harus dilakukan ya? Tenang. Di bawah ini kami hadirkan beberapa tips untuk Anda.


Menghadapi Teman Kerja Pendiam dengan 7 Langkah Mudah

Jangan Tersinggung hanya Karena Mereka Pendiam

Tiap orang punya preferensi masing-masing. Ada yang suka bicara, namun ada juga yang tidak. Jadi ada baiknya, kita bisa memahami itu. Boleh kok tidak suka. Tapi jangan memposisikan ketidaksukaan tersebut secara personal. Jangan tersinggung hanya karena si teman sangat diam. Pengalaman saya nih, banyak orang yang merasa tersakiti hatinya karena merasa didiamkan seseorang. Padahal, aslinya orang tersebut memang kurang suka bicara pada siapapun. 

Anda yang Harus Mulai Pembicaraan

Kalau Anda ingin ngobrol, maka ngobrollah. Tapi usahakan untuk memulai obrolan tersebut. Jangan menunggu ia yang bicara. Dan jangan diambil hati bila ia tak mengajak Anda bicara dulu.

Menghadapi Teman Kerja Pendiam


Tak Perlu Berkomentar tentang Diamnya Teman Kerja Pendiam

Jangan pernah berkomentar bahwa teman Anda pendiam! Jangan pernah lakukan ini! Masyarakat kita menganggap sifat seperti ini kurang menarik. Teman Anda pun pasti sadar akan hal ini. Nah, mengatakan ia seperti itu, apalagi secara negatif, pasti akan menyinggung perasaannya.

Ajak Bicara di Tema yang Disukainya

Sekali lagi tips bila Anda ingin ngobrol dengan rekan kerja Anda tersebut, maka Anda harus bisa memancing topik yang disukainya. Nanti, bisa saja si teman akan berubah menjadi lebih banyak bicara. Ada lho orang yang sangat diam tapi ketika sudah membicarakan hobinya menjadi sangat cerewet. Misalnya, teman Anda ternyata kurang suka obrolan sehari-hari. Ia justru menyukai tema berat seperti filssafat. Nah, coba saja pancing pengetahuannya soal hal tersebut. Bisa saja Anda mendapat pengetahuan baru yang super penting.

Jangan Ajak Teman kerja pendiam Anda Ngobrol Bersama dalam Grup yang Ia Tak Akrab

Tingkat kenyamanan seseorang berbeda-beda. Biasanya orang yang tak suka bicara, tak suka juga berada dalam kelompok yang tak begitu ia akrab. Jadi bila Anda ingin bicara atau berinteraksi dengan baik, lakukan berdua saja atau dalam grup kecil yang sudah akrab.

Tak Perlu Banyak Basa-basi

Hindari terlalu banyak basa-basi. Yes! Anda dibebaskan dari kewajiban berbasa-basi bila berteman dengan tipe teman seperti ini. Cukup senyum saja atau anggukkan kepala seperlunya. Jangan kelewat heboh.

Bicara Pelan

Tips terakhir menghadapi teman kerja pendiam adalah dengan mengajak bicara dalam volum yang tidak keras. Sebab biasanya mereka yang pendiam tak terlalu suka perhatian dan tak begitu suka keberisikan. Mereka juga cenderung privat dan tak begitu terbuka. Dari sini, tentu kita bisa menduga mereka juga tak suka ketika pembicaraannya didengar terlalu banyak orang.
Sponsored Links

0 Response to "Menghadapi Teman Kerja Pendiam? Ini Dia Caranya"

Post a Comment